Tips dan Cara Merawat Aki Kering Motor Supaya Awet

Wednesday, March 30th, 2016 - Auto News, Motor

Ketika anda membutuhkan informasi seputar dunia otomotif terbaru yang ada di Indonesia, kami menghadirkan kabar terkait Tips dan Cara Merawat Aki Kering Motor Supaya Awet

OTORACING.COM – Tips dan cara merawat aki kering motor supaya awet dan tahan lama. Halo riders dimanapun anda berada, pada hari yang cerah ini kami bermaksud berbagi trik mudah untuk anda khususnya para pengguna sepeda motor yang menggunakan baterai ‘Accu’ bertipe kering. Sebelum kita mengulasnya lebih dalam, ada baiknya sebagai rider anda mengetahui komponen komponen penting pada tunggangan anda. Seperti yang kita ketahui bersama, semua komponen pada motor memiliki peran tersendiri, misalkan saja knalpot yang berfungsi sebagai saluran terakhir untuk menyalurkan gas buang.

Bagaimana dengan penyuplai aliran listrik, Nah Accu atau biasa kita kenal dengan sebutan aki, mempunyai peran terbesar dalam penyuplaian aliran listrik keseluruh komponen di kendaraan, entah itu tipe matic ataupun manual. Namun jika penyuplai listrik tersebut bermasalah, seperti tekor atau nge-drop, pasti kita akan kerepotan dibuatnya. Untuk mengindari hal itu kita harus mengerti cara merawat aki motor agar dapat awet dan tahan lama. Anda bisa mengetahuinya lewat orang yang berpengalaman di bidang tersebut, atau mencari infonya lewat website.

Sebelum kami memberikan solusinya, kami sedikit beri penjelasan mengenai accu. Terdapat dua jenis aki yang memiliki kebutuhan dan fungsi yang berbeda, pertama jenis aki kering dan yang kedua jenis aki basah. Nah pada kesempatan ini kami akan membahas aki kering yang telah kami rangkum dalam cara merawat aki kering motor. Baiklah riders tidak usah menunggu terlalu lama lagi, langsung saja mari kita simak bersama tips lengkapnya berikut di bawah ini.

tips_aki_kering

Tips dan Cara Merawat Aki Kering Motor :

  • Langkah pertama agar aki kering awet, gunakanlah motor sesering mungkin. Supaya sistem pengisian listrik tetap terjadi dan alhasil penyuplaian listrik menjadi stabil.
  • Panaskan mesin sebelum di kendarai, biasanya kita lakukan di pagi hari dengan waktu sekitar 5-10 menit dengan menggunakan kick starter, agar membantu oli lebih cepat terpompa pada mesin.
  • Tetap gunakan elektrik starter ketika menghidupkan mesin, kecuali untuk langkah diatas.
  • Lakukan pengecekan pada kabel terminal aki, usahakan agar tetap bersih dan tertutup rapat untuk menghindari konsleting.
  • Selanjutnya pastikan komponen kiprok berfungsi normal, karena bisa dikatakan kiprok merupakan komponen penting dalam penyuplaian listrik.
  • Hindari lubang di jalan sesering mungkin, sebab goncangan yang terlalu sering dapat merusak sel sel yang berada dalam komponen aki.
  • Terakhir, jika terasa aki sudah melemah, anda bisa melakukan charger dengan alat khusus yang memiliki daya 0,5 ampere khusus untuk aki kering.

Bagiamana riders mudah bukan tips yang kami berikan diatas ? Anda bisa memperatekkan di rumah, kecuali trik yang terakhir. riders harus menggunakan jasa yang menyediakan charger atau isi ulang untuk aki kering. Kurang lebihnya itulah tadi informasi seputar otomotif yang membahas tentang cara merawat aki kering motor agar awet dan tahan lama yang dapat kami hadirkan pada hari ini, semoga dapat berguna serta bermanfaat terima kasih wassalam.

Tips dan Cara Merawat Aki Kering Motor Supaya Awet | otoracing | 4.5